Alam Kubur Sangat Gelap dan Seram
Rasulullah صلي الله عليه وسلم bersabda:
إِنَّ هَذِهِ اَلْقُبُورَ مَمْلُوءَةٌ ظُلْمَةً عَلَى أَهْلِهَا, وَإِنَّ اَللَّهَ يُنَوِّرُهَا لَهُمْ بِصَلَاتِي عَلَيْهِمْ
“Sesungguhnya kuburan ini dipenuhi dengan kegelapan bagi penghuninya.
Dan Allah Azza wa Jalla memberi cahaya pada kuburan itu dengan shalatku
atas mereka.” 1
Telah Berlalu takhrijnya
Azab Kubur Dipukul dengan Cemeti Besi
Rasulullah صلي الله عليه وسلم bersabda:
الْعَبْدُ إِذَا وُضِعَ فِي قَبْرِهِ وَتُوُلِّيَ وَذَهَبَ أَصْحَابُهُ
حَتَّى إِنَّهُ لَيَسْمَعُ قَرْعَ نِعَالِهِمْ أَتَاهُ مَلَكَانِ
فَأَقْعَدَاهُ فَيَقُولَانِ لَهُ مَا كُنْتَ تَقُولُ فِي هَذَا الرَّجُلِ
مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَيَقُولُ أَشْهَدُ أَنَّهُ
عَبْدُ اللَّهِ وَرَسُولُهُ فَيُقَالُ انْظُرْ إِلَى مَقْعَدِكَ مِنْ
النَّارِ أَبْدَلَكَ اللَّهُ بِهِ مَقْعَدًا مِنْ الْجَنَّةِ قَالَ
النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَيَرَاهُمَا جَمِيعًا
وَأَمَّا الْكَافِرُ أَوْ الْمُنَافِقُ فَيَقُولُ لَا أَدْرِي كُنْتُ
أَقُولُ مَا يَقُولُ النَّاسُ فَيُقَالُ لَا دَرَيْتَ وَلَا تَلَيْتَ ثُمَّ
يُضْرَبُ بِمِطْرَقَةٍ مِنْ حَدِيدٍ ضَرْبَةً بَيْنَ أُذُنَيْهِ فَيَصِيحُ
صَيْحَةً يَسْمَعُهَا مَنْ يَلِيهِ إِلَّا الثَّقَلَيْنِ
“Sesungguhnya seorang hamba ketika diletakkan di liang kubur dan para
pengantar pulang maka ia mendengar suara terompah mereka. Datanglah dua
malaikat lalu mendudukkannya kemudian bertanya, Apa komentarmu tentang
Muhammad?’ Adapun orang mukmin menjawab, Aku bersaksi bahwa dia adalah
hamba Allah dan utusan-Nya.’ Maka dikatakan kepadanya, ‘Lihat tempat
tinggalmu dari api neraka telah diganti oleh Allah dengan tempat tinggal
dari surga.’ Maka ia bisa melihat keduanya. Dan adapun orang munafik
dan orang kafir, maka ditanya, Apa komentarmu tentang orang ini
(Muhammad)?’ Dia menjawab, ‘Aku tidak tahu. Aku mengatakan sebagaimana
yang dikatakan orang-orang.’ Maka dikatakan kepadanya, ‘Kamu tidak
mengerti dan tidak tahu.’ Dan dia dipukul dengan gadam yang terbuat dari
besi sekali pukulan. Maka ia berteriak kencang hingga didengar makhluk
yang ada disekitarnya kecuali manusia dan jin!”.1
Shahih, HR. Bukhari
Azab Kubur dengan Diimpit Bumi
Dari Ibnu Abbas رضي الله عنهما berkata,
“Pada suatu hari ketika Saad bin Muadz dikubur maka Nabi صلي الله عليه
وسلم duduk di hadapan kuburannya lalu bersabda, ‘Seandainya seseorang
bisa selamat dari siksa kubur atau pertanyaan di alam kubur maka Sa’ad
bin Muadz pasti selamat darinya, namun dia diimpit dengan sekali impitan
kemudian dilonggarkan darinya.” 1
Telah berlalu Takhrij-nya
Azab Kubur dengan Dibelit Ular Berbisa
Rasulullah صلي الله عليه وسلم bersabda:
يُرْسَلُ عَلَي الكَافِرِ حَيَّتَانِ وَاحِدَةٌ مِنْ قِبَلِ رَأْسِهِ
وَأُخْرَي مِنْ قِبَلِ رِجْلَيْهِ تَقْرِضَانِهِ قَرْضًا كُلَّمَا
فَرَغَتَا عَادَتَا إِلَي يَوْمِ القِيَامَةِ
“Dikirim kepada orang
kafir dua ekor ular, seekor ular dari arah kepalanya dan yang lainnya
dari arah kakinya yang membelitnya dengan kuat, ketika tuntas maka
kembali membelitnya hingga Hari Kiamat.”1
Hasan diriwayatkan Imam al-Haitsami dan beliau berkata: Diriwayatkan Ahmad dan sanad hadits ini hasan. No: 3/180 (4284).
Azab Kubur Dibakar dengan Api
Sebagian penghuni kubur disiksa dengan api neraka pada pagi dan petang1 seperti firman Allah:
ثُمَّ أَرْسَلْنَا مُوسَى وَأَخَاهُ هَارُونَ بِآيَاتِنَا وَسُلْطَانٍ
مُّبِينٍ. إِلَى فِرْعَوْنَ وَمَلَئِهِ فَاسْتَكْبَرُوا وَكَانُوا قَوْماً
عَالِينَ
“Kemudian Kami utus Musa dan saudaranya Harun dengan
membawa tanda-tanda (kebesaran Kami), dan bukti yang nyata. Kepada
Fir’aun dan pembesar-pembesar kaumnya, maka mereka ini takabur dan
mereka adalah orang-orang yang sombong.” (QS Al-Mukminun [23]: 45-46).
Maksud Penulis mungkin adalah firman Allah:
النَّارُ يُعْرَضُونَ عَلَيْهَا غُدُوّاً وَعَشِيّاً وَيَوْمَ تَقُومُ السَّاعَةُ أَدْخِلُوا آلَ فِرْعَوْنَ أَشَدَّ الْعَذَابِ
Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang, dan pada hari
terjadinya Kiamat. (Dikatakan kepada malaikat): “Masukkanlah Fir’aun dan
kaumnya ke dalam azab yang sangat keras”. (QS Al-Mu’min/ Ghofir [40]:
46)
Azab Kubur untuk Orang Sombong
Di antara pemicu siksa kubur adalah sikap angkuh dan sombong, sebagaimana sabda Nabi صلي الله عليه وسلم:
بَيْنَمَا رَجُلٌ يَمْشِي فِي حُلَّةٍ تُعْجِبُهُ نَفْسُهُ مُرَجِّلٌ
جُمَّتَهُ إِذْ خَسَفَ اللَّهُ بِهِ فَهُوَ يَتَجَلْجَلُ إِلَى يَوْمِ
الْقِيَامَةِ
“Ketika seseorang sedang berjalan, mengenakan pakaian
yang merasa bangga diri dan rambut tersisir dengan baik, tiba-tiba Allah
tenggelamkan ke bumi dan dia dalam keadaan sekarat hingga Hari
Kiamat.”1
Shahih, HR. Bukhari
Azab Kubur bagi Koruptor dan Pemakan Harta Haram
Rasulullah bersabda:
وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ إِنَّ
الشَّمْلَةَ الَّتِي أَخَذَهَا يَوْمَ خَيْبَرَ مِنْ الْمَغَانِمِ لَمْ
تُصِبْهَا الْمَقَاسِمُ لَتَشْتَعِلُ عَلَيْهِ نَارًا
“Dan demi dzat yang jiwaku ada di
tangan-Nya, sunggnya sehelai kain kecil dari harta ghanimah yang dia
curi pada perang Khaibar yang diluar pembagian ghanimah akan menjadi
bara api (di alam kuburnya).” 1
Shahih, HR. Bukhari dan Muslim
Azab Kubur Bagi Orang yang Suka Ghibah atau Namimah dan Tidak Menjaga Kencing
Rasulullah صلي الله عليه وسلم bersabda:
إِنَّهُمَا لَيُعَذَّبَانِ وَمَا يُعَذَّبَانِ فِي كَبِيرٍ أَمَّا
أَحَدُهُمَا فَكَانَ لَا يَسْتَتِرُ مِنْ الْبَوْلِ وَأَمَّا الْآخَرُ
فَكَانَ يَمْشِي بِالنَّمِيمَةِ ثُمَّ أَخَذَ جَرِيدَةً رَطْبَةً
فَشَقَّهَا نِصْفَيْنِ فَغَرَزَ فِي كُلِّ قَبْرٍ وَاحِدَةً قَالُوا يَا
رَسُولَ اللَّهِ لِمَ فَعَلْتَ هَذَا قَالَ لَعَلَّهُ يُخَفِّفُ عَنْهُمَا
مَا لَمْ يَيْبَسَا
“Sesungguhnya keduanya disiksa dan keduanya tidak
disiksa dalam perkara besar. Adapun yang pertama tidak menjaga dari
percikan kencing dan yang kedua berjala’ di muka bumi dengan namimah.”
Kemudian beliu mengambil pelepah kurma basah dan membelai menjadi dua
lalu beliau menancapkan pada setia} kuburan satu pelepah kurma.” Mereka
berkata “Wahai Rasulullah, kenapa engkau melakukan itu?” Beliau
bersabda, “Mudah-mudahkan diringankan (siksa kubur) dari keduanya,
selagi (pelepah kurma itu) belum kering.”1
Shahih, HR. Bukhari dan Muslim
Azab Kubur Bagi Khatib Gadungan
Rasulullah صلي الله عليه وسلم bersabda:
“Aku pernah mendatangi sekelompok laki-laki pada waktu Isra’ mi’rajku
yang lisan mereka sedang dipotong-potong dengan alat pemotong dari
neraka. Aku bertanya, ‘Siapakah mereka, wahai Jibril?’ Beliau menjawab,
‘Mereka adalah para khatib dari umatmu yang memerintahkan manusia dengan
kebaikan sementara melupakan diri mereka sendiri padahal mereka membaca
al-Kitab, apakah mereka tidak berfikir?'” 1
Shahih diriwayatkan
Imam al-Haitsami dalam Majma Zawaid dan beliau berkata: Hadits ini
diriwayatkan Abu Ya’la dan para perawinya adalah para perawi hadits
shahih. (7/279) dan lihat Shahihul Jami’ no: 129.
Azab Kubur yang Menimpa Pendusta, Pezina, Pemakan Riba, Meninggalkan Shalat dan Orang yang Menelantarkan Al-Qur’an
Nabi صلي الله عليه وسلم bersabda:
لَكِنِّي رَأَيْتُ اللَّيْلَةَ رَجُلَيْنِ أَتَيَانِي فَأَخَذَا بِيَدِي
فَأَخْرَجَانِي إِلَى الْأَرْضِ الْمُقَدَّسَةِ فَإِذَا رَجُلٌ جَالِسٌ
وَرَجُلٌ قَائِمٌ بِيَدِهِ كَلُّوبٌ مِنْ حَدِيدٍ قَالَ بَعْضُ
أَصْحَابِنَا عَنْ مُوسَى إِنَّهُ يُدْخِلُ ذَلِكَ الْكَلُّوبَ فِي
شِدْقِهِ حَتَّى يَبْلُغَ قَفَاهُ ثُمَّ يَفْعَلُ بِشِدْقِهِ الْآخَرِ
مِثْلَ ذَلِكَ وَيَلْتَئِمُ شِدْقُهُ هَذَا فَيَعُودُ فَيَصْنَعُ مِثْلَهُ
قُلْتُ مَا هَذَا قَالَا انْطَلِقْ فَانْطَلَقْنَا حَتَّى أَتَيْنَا عَلَى
رَجُلٍ مُضْطَجِعٍ عَلَى قَفَاهُ وَرَجُلٌ قَائِمٌ عَلَى رَأْسِهِ بِفِهْرٍ
أَوْ صَخْرَةٍ فَيَشْدَخُ بِهِ رَأْسَهُ فَإِذَا ضَرَبَهُ تَدَهْدَهَ
الْحَجَرُ فَانْطَلَقَ إِلَيْهِ لِيَأْخُذَهُ فَلَا يَرْجِعُ إِلَى هَذَا
حَتَّى يَلْتَئِمَ رَأْسُهُ وَعَادَ رَأْسُهُ كَمَا هُوَ فَعَادَ إِلَيْهِ
فَضَرَبَهُ قُلْتُ مَنْ هَذَا قَالَا انْطَلِقْ فَانْطَلَقْنَا إِلَى
ثَقْبٍ مِثْلِ التَّنُّورِ أَعْلَاهُ ضَيِّقٌ وَأَسْفَلُهُ وَاسِعٌ
يَتَوَقَّدُ تَحْتَهُ نَارًا فَإِذَا اقْتَرَبَ ارْتَفَعُوا حَتَّى كَادَ
أَنْ يَخْرُجُوا فَإِذَا خَمَدَتْ رَجَعُوا فِيهَا وَفِيهَا رِجَالٌ
وَنِسَاءٌ عُرَاةٌ فَقُلْتُ مَنْ هَذَا قَالَا انْطَلِقْ فَانْطَلَقْنَا
حَتَّى أَتَيْنَا عَلَى نَهَرٍ مِنْ دَمٍ فِيهِ رَجُلٌ قَائِمٌ عَلَى
وَسَطِ النَّهَرِ
قَالَ يَزِيدُ وَوَهْبُ بْنُ جَرِيرٍ عَنْ جَرِيرِ
بْنِ حَازِمٍ وَعَلَى شَطِّ النَّهَرِ رَجُلٌ بَيْنَ يَدَيْهِ حِجَارَةٌ
فَأَقْبَلَ الرَّجُلُ الَّذِي فِي النَّهَرِ فَإِذَا أَرَادَ أَنْ يَخْرُجَ
رَمَى الرَّجُلُ بِحَجَرٍ فِي فِيهِ فَرَدَّهُ حَيْثُ كَانَ فَجَعَلَ
كُلَّمَا جَاءَ لِيَخْرُجَ رَمَى فِي فِيهِ بِحَجَرٍ فَيَرْجِعُ كَمَا
كَانَ فَقُلْتُ مَا هَذَا قَالَا انْطَلِقْ فَانْطَلَقْنَا حَتَّى
انْتَهَيْنَا إِلَى رَوْضَةٍ خَضْرَاءَ فِيهَا شَجَرَةٌ عَظِيمَةٌ وَفِي
أَصْلِهَا شَيْخٌ وَصِبْيَانٌ وَإِذَا رَجُلٌ قَرِيبٌ مِنْ الشَّجَرَةِ
بَيْنَ يَدَيْهِ نَارٌ يُوقِدُهَا فَصَعِدَا بِي فِي الشَّجَرَةِ
وَأَدْخَلَانِي دَارًا لَمْ أَرَ قَطُّ أَحْسَنَ مِنْهَا فِيهَا رِجَالٌ
شُيُوخٌ وَشَبَابٌ وَنِسَاءٌ وَصِبْيَانٌ ثُمَّ أَخْرَجَانِي مِنْهَا
فَصَعِدَا بِي الشَّجَرَةَ فَأَدْخَلَانِي دَارًا هِيَ أَحْسَنُ وَأَفْضَلُ
فِيهَا شُيُوخٌ وَشَبَابٌ قُلْتُ طَوَّفْتُمَانِي اللَّيْلَةَ
فَأَخْبِرَانِي عَمَّا رَأَيْتُ قَالَا نَعَمْ أَمَّا الَّذِي رَأَيْتَهُ
يُشَقُّ شِدْقُهُ فَكَذَّابٌ يُحَدِّثُ بِالْكَذْبَةِ فَتُحْمَلُ عَنْهُ
حَتَّى تَبْلُغَ الْآفَاقَ فَيُصْنَعُ بِهِ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ
وَالَّذِي رَأَيْتَهُ يُشْدَخُ رَأْسُهُ فَرَجُلٌ عَلَّمَهُ اللَّهُ
الْقُرْآنَ فَنَامَ عَنْهُ بِاللَّيْلِ وَلَمْ يَعْمَلْ فِيهِ بِالنَّهَارِ
يُفْعَلُ بِهِ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَالَّذِي رَأَيْتَهُ فِي
الثَّقْبِ فَهُمْ الزُّنَاةُ وَالَّذِي رَأَيْتَهُ فِي النَّهَرِ آكِلُوا
الرِّبَا وَالشَّيْخُ فِي أَصْلِ الشَّجَرَةِ إِبْرَاهِيمُ عَلَيْهِ
السَّلَام وَالصِّبْيَانُ حَوْلَهُ فَأَوْلَادُ النَّاسِ وَالَّذِي يُوقِدُ
النَّارَ مَالِكٌ خَازِنُ النَّارِ وَالدَّارُ الْأُولَى الَّتِي دَخَلْتَ
دَارُ عَامَّةِ الْمُؤْمِنِينَ وَأَمَّا هَذِهِ الدَّارُ فَدَارُ
الشُّهَدَاءِ وَأَنَا جِبْرِيلُ وَهَذَا مِيكَائِيلُ فَارْفَعْ رَأْسَكَ
فَرَفَعْتُ رَأْسِي فَإِذَا فَوْقِي مِثْلُ السَّحَابِ قَالَا ذَاكَ
مَنْزِلُكَ قُلْتُ دَعَانِي أَدْخُلْ مَنْزِلِي قَالَا إِنَّهُ بَقِيَ لَكَ
عُمُرٌ لَمْ تَسْتَكْمِلْهُ فَلَوْ اسْتَكْمَلْتَ أَتَيْتَ مَنْزِلَكَ
“Akan tetapi aku bermimpi didatangi oleh dua orang lelaki lalu keduanya
memegang tanganku dan keduanya membawaku ke bumi yang disucikan,
tiba-tiba aku dapati seorang yang sedang duduk dan seorang lagi sedang
berdiri sementara di tangannya memegang tombak dari besi. Sebagian
sahabat kami berkata, ‘Dari Musa.’ Tombak besi itu ditusukkan pada pojok
mulut hingga tembus ke tengkuk. Kemudian ditusukkan pada pojok mulut
sebelahnya seperti itu. Setelah pojok mulut pulih kembali maka disiksa
lagi seperti itu.
“Aku bertanya, ‘Siapakah dia itu?’ Kedua orang itu
berkata, ‘Pergilah.’ Maka kami pergi hingga bertemu dengan orang yang
sedang tidur terlentang dan seorang lagi berdiri di atas kepalanya
dengan memegang alat pemukul atau batu besar lalu dihantamkan ke arah
kepalanya. Ketika dihantam dengan batu maka batu tersebut terpental.
Maka orang itu pergi untuk mengambilnya dan tidaklah orang itu kembali
melainkan kepala tersebut rekat dan kembali seperti semula. Orang itu
kembali kepadanya dan memukulnya.
“Aku bertanya, ‘Siapakah dia itu?’
Keduanya berkata, ‘Pergilah!’ Maka kami pergi hingga sampai di suatu
tempat yang berlubang besar seperti dapur roti bagian atas sempit
sedangkan bagian bawah lebar. Dari arah bawah ada api yang menyala.
Ketika api mendekat, maka mereka terangkat hingga mereka hampir keluar
dan ketika api padam mereka kembali ke tempat semula. Dan di dalamnya
terdapat kaum laki-laki dan kaum perempuan dalam kondisi telanjang.
Maka aku bertanya, ‘Siapakah mereka
itu?’ Keduanya berkata, ‘Pergilah!” Maka kami pergi hingga kami
mendatangi sebuah sungai darah, sementara ditengah sungai ada seorang
lelaki yang berdiri. Dan di tepi sungai ada seorang lelaki yang di
hadapanya ada batu-batu. Ketika orang yang di tengah sungai berenang
ketepi dan hendak keluar darinya maka orang tersebut melemparkan batu
tepat pada mulutnya. Orang tersebut kembali ke tempat semula. Dan setiap
orang tersebut ingin ke tepi dan hendak keluar maka dilempar dengan
batu hingga kembali ke tempat semula.
Aku bertanya, ‘Siapakah dia itu?’
Keduanya berkah ‘Pergilah.’Maka kami pergi hingga kami sampai di suah
taman yang sangat hijau. Dan di dalamnya terdapat pohon yang sangat
besar dan di bawah pohon ada orang tua dan anak-anak. Sementara ada
orang laki-laki yang dekat dengan pohon di tangannya memegang api yang
dia nyalakan lalu dia membawaku ke atas pohon dan memasukkanku ke dalam
sebuah rumah yang belum pernah aku lihat suatu rumah sebagus itu. Di
dalamnu terdapat kaum laki-laki tua, para pemuda, kaum wanita dan
anak-anak. Kemudian keduanya membawaku keluar darinya dan menaikkanku ke
pohon dan memasukkan ku ke sebuah rumah yang lebih bagus dan lebih
indah. Di dalamnya terdapat kaum lelaki tua dan para pemuda.
Aku berkata, ‘Kalian berdua telah
membawaku berkeliling semalam suntuk, maka kabarkan kepadaku tentang apa
yang aku lihat?’Keduanya berkata, ‘Ya Adapun orang yang ditusuk pojok
mulutnya adalah pendusta yang berbicara kedustaan. Lalu diambil suatu
kabar darinya hingga tersebar ke seluruh penjuru dunia dan dia disiksa
sebagaimana yang kamu lihat hingga Hari Kiamat. Adapun orang yang
dihantam kepalanya dengan batu adalah orang yang diajarkan Allah tentang
Al-Qur’an lalu tidur di malam hari dan tidak mengamalkan (Al-Qur’an) di
siang hari maka dia disiksa hingga Kiamat. Mereka yang kamu lihat
berada di lubang besar maka mereka adalah para pezina. Dan orang yang
kamu lihat berada di tengah sungai adalah pemakan riba. Dan orang tua
yang berada di bawah pohon adalah Nabi Ibrahim, sementara anak-anak yang
berada di sekitarnya adalah anak-anak umat manusia. Dan orang yang
menyalakan api adalah malaikat Malik penjaga neraka. Rumah yang kamu
masuki pertama kali adalah rumah hunian kaum mukminin secara umum.
Adapun rumah berikutnya adalah rumah orang-orang yang mati syahid. Dan
Aku adalah Jibril sedang ini adalah Mikail. Maka angkatlah kepalamu.’
“Maka aku mengangkat kepalaku tiba-tiba ke arah atas aku melihat seperti mendung. Keduanya berkata, ‘Itu adalah rumahmu.’
“Aku berkata, ‘Biarkan aku masuk ke rumahku.’ Keduanya berkata,
‘Sesungguhnya kamu masih punya sisa umur yang belum kamu habiskan, jika
kamu telah menyempurnakan umurmu, maka kamu akan memasuki rumahmu.” 1
http://arekkandangan.blogspot.co.id/2015/02/alam-kubur-dan-keadaanya.html
Shahih, HR. Bukhari
http://smulsa.sch.id/html/index.php?id=artikel&kode=56
Belum ada tanggapan untuk "ALAM KUBUR DAN KEADAANYA"
Post a Comment