Pengertian Ibadah Sholat

18/06/13

Pengertian sholat menurut bahasa adalah berdoa (memohon), pujian. Sedangkan pepengertian menurut syara’ sebagaimana pendapat imam Syafi’i yaitu  ucapan-ucapan yang dimulai dengan takbiratul dan ditutup dengan salam. Menurut para ulama’ fuqaha’ sholat ialah ibadah yang terdiri dari perbuatan atau gerakan dan perkataan atau ucapan tertentu, yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam. Sedangkan menurut ulama’ tasawuf shalat ialah mengahadapkan kalbu kepada Allah SWT hingga menimbulkan rasa takut kepada-Nya serta kesempurnaan kekuasaanya,atau menghadap kepada Allah dengan kalbu, Berdialog dengan Penguasa alam dan bersikap khusyuk (konsentrasi penuh) dihadapan-Nya, disertai dengan penghayatan penuh tatkala berdzikir, berdo’a dan memujin-Nya.
Dalam ensiklopedi Indonesia DR. Harun Nasution mengaskan bahwa  shalat mendidik manusia untuk selalu merasakan kehadiran Allah  b rsamanya. Dalam sholat seseorang dianjurkan untuk selalu mengingat Allah dalam shalatnya, atau sekurang-kurangnya mengerti dan meahami arti dari perkataan yang diucapkan dalam shalatnya tersebut.
Sementara Prof.DR. Nurcholis Madjid menerangkan bahwa shalat mempunyai makna intrinsik dan instrumental. Intrinsik (makna dalam dirinya sendiri) karena shalat merupakan tujuan pada dirinya sendiri, khususnya sahlat sebagai  peristiwa menghadap Allah dan berkomunikasi dengan-Nya, baik  melalui bacaan, maupun gerakan-gerakan shalat, khusyusnya ruku’ dan sujud ketika dalam shalat. Sedangkan bermakna instrumental karena shalat dapat dijadikan sebagai sarana  untuk mencapai sesuatu  dari luar dirinya sendiri.
Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa:
Shalat merupakan suatu ritual menghadap Allah SWT dengan segenap jiwa dan raga secara serentak dan utuuh.
Shalat merupakan  suatu ritual kepada Allah SWT yang harus dilakukan secara khidmat khusyuk dan harus bermodal keikhlasan untuk beribadah kepada Allah.
 Shalat bukan saja gerkan-gerkan dan ucapan-ucapan lahiriyah saja, melainkan  merupakan gerakan dan ucapan batiniyah secara integral (serentak).
Rosulullah SAW bersabda yang artinya: “Tatkala salah seorang diantara kalian sedang shalat, sesungguhnya ia sedang bermunajat (berdialog) kepada Allah.(H.r. Bukhori muslim ).

Sumber:  http://aqidahakhlak4mts.wordpress.com
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ! ! AGUESBLOGSPOT.com ! ! - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger